Pergantian Tahun, Sekjen ESDM dan Pertamina Klaim Stok BBM di Sumbar Aman

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dadan Kusdiana meninjau SPBU di Sumbar. (Foto: Dok, Pertamina)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dadan Kusdiana meninjau SPBU di Sumbar. (Foto: Dok, Pertamina)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Dalam memastikan ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) aman jelang tahun baru 2024, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dadan Kusdiana bersama Executive General Manager (EGM) Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Freddy Anwar melakukan pemantauan penyediaan BBM di Integrated Terminal (IT) Teluk Kabung dan beberapa SPBU di jalur utama Padang-Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (29/12/2023).

Dadan mengatakan, Kementerian ESDM terus memastikan ketersediaan stok BBM di berbagai daerah pada periode Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) aman untuk masyarakat.

“Kami akan terus memastikan terus memastikan ketersediaan stok BBM, juga mitigasi kegunungapian dan gerakan tanah yang terjadi di wilayah Sumbar, sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitas dan melewati pergantian tahun dengan baik,” katanya.

Faktor keselamatan, katanya harus tetap menjadi perhatian utama saat memberikan pelayanan menuju pergantian tahun.

“Saya tidak akan bosan mengingatkan agar dalam melayani terus mengutamakan safety, sehingga angka fatality dapat terus ditekan,” katanya.

Pasokan BBM dilaporkan aman dengan coverage day masing-masing bahan bakar per tanggal 30 Desember 2024 sebagai berikut Pertalite (14,5 hari), Pertamax (58,6 hari).

Kemudian, Pertamax Turbo (147 hari), Solar (44,8 hari), Avtur (35 hari) dan LPG (6,4 hari). Stok tersebut belum termasuk stok yang ada di kapal tanker.

Hal senada juga diungkapkan EGM Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar.

Freddy mengeklaim bahwa pihaknya terus melakukan pemantauan dan menyediakan antisipasi khusus jelang Tahun Baru, salah satunya dengan menyediakan 16 titik kantong SPBU di daerah rawan kemacetan di Sumbar.

Dirinya juga memastikan stok BBM dan LPG dalam kondisi aman dan antisipasi penambahan stok dilakukan sesuai dengan proyeksi.

Satgas Nataru juga telah aktif sejak 15 Desember hingga 7 Januari mendatang telah berjalan dengan lancar.

“Kebutuhan BBM dan LPG bagi masyarakat terpenuhi dengan baik. Pertamina Patra Niaga akan terus pastikan bahwa distribusi energi aman jelang Tahun Baru 2024,” kata Freddy.

Adapun beberapa upaya Pertamina dalam pengamanan pasokan BBM dan LPG yakni peningkatan stok BBM dan LPG di fuel terminal dan lembaga penyalur, penambahan mobil tangki dan SPBU Kantong, membentuk posko Satgas Nataru di kantor cabang, fuel terminal dan depot LPG.

Pertamina Patra Niaga juga berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat serta Daerah, BUMN lain, serta TNI dan Polri untuk memastikan distribusi energi berjalan dengan aman dan lancar. (rdr)

Exit mobile version