Surplus 28 Ton setiap Bulan, Stok Beras Agam Cukup Jelang Ramadhan

Kualitas beras di Agam relatif bagus sehingga sangat diminati oleh masyarakat daerah lain

Kepala Dinas Pertanian Agam Afniwirman. (ANTARA)

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyatakan persediaan beras di daerah itu mencukupi menjelang Ramadhan 1444 Hijriyah, mengingat kabupaten tersebut merupakan penghasil beras.

“Persediaan beras kita masih cukup tinggi dan saat ini produksi beras kita 246.756 ton setiap tahun,” kata Kepala Dinas Pertanian Agam Afniwirman di Lubukbasung, Sabtu.

Ia mengatakan, sesuai dengan data produksi dibanding dari konsumsi masyarakat, beras Agam surplus sekitar 28 ton setiap bulan.

Dengan kondisi itu, maka persediaan beras masih aman di Agam menjelang Ramadhan sampai Idul Fitri. “Kita mendata setiap hari luas tanam, produksi dan gabah kering giling di Agam,” katanya.

Ia mengatakan, kualitas beras di Agam relatif bagus sehingga sangat diminati oleh masyarakat daerah lain.

Permintaan yang cukup tinggi membuat harga beras di Agam cukup tinggi. Pekan lalu, katanya ada lima kepala dinas kabupaten dan kota di Sumbar yang diundang oleh Wali Kota Pekanbaru, Riau membahan suplai bahan pangan dalam rangka pengendalian inflasi.

“Beberapa daerah di Sumbar terutama beras, kita punya kelebihan dan seyogyanya harga tidak tinggi, namun dengan kualitas cukup bagus, maka dilirik oleh daerah lain dan ini menguntungkan bagi petani,” katanya.

Ia menambahkan, untuk produksi cabai merah 19.987 ton per tahun, cabai rawit 3.866 ton per tahun.

Sedangkan produksi bawang merah sebanyak 63.717 ton setiap tahun. “Penghasil bawang merah berada di Kecamatan Matur, Banuhampu, Ampekkoto dan lainnya,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version