Ganggu Kenyamanan Ramadan, Puluhan Kendaraan Pakai Knalpot Brong di Agam Ditilang Polisi

Kendaraan itu kita tilang dan diamankan di Mapolres Agam untuk proses selanjutnya

Personel Polres Agam sedang mengamankan pengendara menggunakan knalpot bising, Sabtu (25/3) malam. (ANTARA/HO Humas Polres Agam)

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat berhasil mengamankan sebanyak 10 unit kendaraan berbagai merek yang menggunakan knalpot bising saat Operasi Cipta Kondisi pada Ramadan 1444 Hijriah.

Kasat Lantas Polres Agam Iptu Apriman Sural di Lubukbasung, Minggu mengatakan ke 10 unit sepeda motor itu diamankan di Kawasan Sport Center Lubukbasung, GOR Rang Agam Lubukbasung, jalan Jenderal Sudirman dan Mohammad Hatta Padang Baru Lubukbasung.

“Kendaraan itu kita tilang dan diamankan di Mapolres Agam untuk proses selanjutnya,” katanya.

Ia mengatakan, bagi pengendara roda dua dan empat yang menggunakan knalpot bising akan diberikan sanksi tegas dan berat.

Sanksi tersebut dengan menyita kendaraan bermotor dan ini langsung sebagai barang bukti tanpa adanya pandang bulu hingga proses sidang selesai.

“Kendaraan kita serahkan setelah sidang selesai di Pengadilan Negeri Lubukbasung dan mereka harus menganti knalpot standar,” katanya.

Ia menambahkan, Operasi Cipta Kondisi itu dimulai pukul 20.00 WIB dengan cara patroli hunting sistem atau dengan cara mobile menggunakan kendaraan dinas roda dua dan empat guna antisipasi terjadinya aksi balap liar dan pengguna kendaraan bermotor knalpot bising.

Sasaran operasi di kawasan Sport Center Lubukbasung, Gor Rang Agam Lubukbasung, sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Mohammad Hatta Padang Baru Lubukbasung dan areal parkiran masjid di kawasan Padang Baru Lubukbasung.

“Personel yang ditunjuk untuk melakukan pengamanan di area parkiran masjid, mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga kendaraan masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah shalat tarawih,” katanya.

Ia mengakui, Operasi Cipta Kondisi itu rutin digelar selama Ramadan dalam rangka untuk mencegah terjadinya aksi kejahatan pencurian sepeda motor.

Selain itu, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polres Agam. (rdr/ant)

Exit mobile version