Pastikan DPSHP Tertempel di Nagari, KPU Agam Lakukan Monitoring

KPU Agam melakukan monitoring ke kecamatan. Dok KPU Agam

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat melakukan monitoring serta rapat koordinasi penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir Pemili pada 2024.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Agam, Ismul Hamdi didampingi Sekretaris KPU Agam, Oktadonis di Lubukbasung, Rabu, mengatakan monitoring itu dilakukan ke kecamatan dan dilanjutkan dengan rapat koordinasi.

“Pasca ditetapkannya DPSHP, kita melakukan monitoring, ke kecamatan,” katanya.

Ia mengatakan, monitoring ke lapangan bertujuan untuk memastikan DPSHP tertempel di kantor yang ada pada setiap nagari.

Sementara rapat koordinasi diperlukan untuk membahas pemutakhiran data maupun pergeseran data pemilih, pasca ditetapkannya DPSHP.

“Untuk kegiatan monitoring beberapa waktu kemarin untuk memastikan DPSHP yang telah dicetak terdistribusi hingga tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan tertempel di nagari maupun tempat pengumuman yang sudah disediakan,” katanya.

Ia menambahkan, bergesernya angka data pemilih bisa terus terjadi karena perpindahan masyarakat dan kematian. Saat ini sedang dilakukan perbaikan DPSHP dan penyusunan DPSHP akhir oleh PPS, tahapan ini dilakukan dari 21 Mei sampai 31 Mei.

Pada 1-2 Juni 2023, dilakukan rekapitulasi DPSHP akhir tingkat kelurahan/desa oleh PPS.

Kemudian pada 3-5 Juni penyusunan rekapitulasi DPSHP akhir tingkat kecamatan oleh PPK. Selanjutnya, pada 6-16 Juni dilakukan penyusunan DPSHP oleh KPU kabupaten sebagai bahan penetapan DPT.

Saat monitoring DPSHP Pemilu di Kecamatan Kamangmagek, Koordinator Bidang Hukum KPU Agam, Alhadi mengatakan tahapan pemilu terus berjalan, KPU Agam berkomitmen untuk menyukseskan Pemilu dan memastikan prosesnya berjalan pada tingkat yang paling bawah.

“Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) kita pantau bekerja dengan sangat optimal. Monitoring dan rakor berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan tidak ada kendala, dan seluruh tahapan berjalan sesuai dengan yang direncanakan,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version