Malam Pergantian Tahun di Bukittinggi masih Diramaikan dengan Petasan dan Kembang Api

BUKITTINGGI, RADARSUMBAR.COM – Setiap malam pergantian tahun, Kota Bukittinggi kembali ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Keramaian masyarakat sudah terlihat semenjak Sabtu (31/12/2022) sore dengan tujuan yaitu mendatangi taman Jam Gadang yang masih menjadi magnet dan ikon Bukittinggi.

Untuk mengatasi kemacetan di dalam kota, antisipasi yang dilakukan oleh pihak terkait yaitu menutup akses kendaraan masuk kota sejak pukul 17.30 WIB.

Walaupun tidak satupun kegiatan di sekitar Jam Gadang, tapi ikon Bukittinggi itu berhasil menarik masyarakat datang ke seputaran Jam Gadang. Apalagi cuaca di Bukittinggi juga sangat mendukung pada malam itu.

Himbauan mengatasnamakan Pemko Bukittinggi untuk tidak menyalakan mercon (petasan) atau kembang api melalui pengeras suara di Jam Gadang, sudah diketahui oleh masyarakat.

Tapi beberapa menit pergantian tahun, puluhan kembang api dan mercon menyala di sekitar Jam Gadang dan daerah sekitarnya, seperti Jalan Sudirman.

Terlihat dengan jelas, banyak masyarakat yang membawa kembang api atau mercon dari luar dan dibawa ke seputaran Jam Gadang.

Setelah puncak malam pergantian tahun di Bukittinggi yang diramaikan ratusan bahkan ribuan masyarakat dari berbagai wilayah dan memacetkan lalu lintas menuju keluar kota, berangsur lengang ketika waktu sudah menunjukkan pukul 02.00 WIB.

Kepala Dinas Satpol PP Kota Bukittinggi Efriadi yang dihubungi membenarkan, sesuai dengan Perda yang berlaku, pada malam pergantian tahun, masyarakat dilarang membunyikan atau menyalakan kembang api.

Walaupun tidak ada yang menjual kembang api dan mercon di seputaran Jam Gadang, namun masyarakat membawa dari luar dan menyalakan ketika malam pergantian tahun di jam gadang.

“Melalui himbauan kita sudah sampaikan, beberapa orang memang kita sita kembang apinya yang ketahuan. Selain itu, kita juga menertibkan beberapa pasangan yang masih duduk terlalu dekat di tempat duduk di seputaran Jam Gadang,” ujar Efriadi, Minggu (1/1/2023).

Secara terpisah, Kapolsekta Bukittinggi, Kompol Zamzami yang dikonfirmasi tentang gangguan Kamtibmas menjelaskan, selama malam pergantian tahun, tidak ditemukannya kasus yang menonjol. (rdr-009)

Exit mobile version