Dua Rumah Gadang dan Empat Kios di Solok Hangus Terbakar, Segini Kerugiannya

Kemudian secara cepat api menyebar ke bangunan yang lain

Kebakaran di Kabupaten Solok pada Minggu (2/4/2023) siang. (Foto: Dok. Polres Solok Kota)

AROSUKA, RADARSUMBAR.COM – Kebakaran menghanguskan enam bangunan yang berada di Jorong Tanjung, Nagari Muaro Pingai, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

Peristiwa yang terjadi pada Minggu (2/4/2023) siang itu menghanguskan dua Rumah Gadang dan empat petak kios milik warga.

Kabag Ops Polres Solok Kota, Chairul Amri Nasution mengatakan, api tiba-tiba pertama kali muncul dari lantai atas rumah gadang kayu milik Azwir yang tidak dihuni oleh pemilik rumah.

“Kemudian secara cepat api menyebar ke bangunan yang lain dan menghanguskan empat petak kios dan dua bangunan Rumah Gadang,” kata Chairul via keterangan tertulis.

Ia mengatakan, dalam peristiwa kebakaran itu, tidak ada korban jiwa dan api bisa dijinakkan sekitar dua jam dengan enam armada pemadam kebakaran.

“Kerugian ditaksir mencapai Rp1,5 miliar. Hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), kebakaran disebabkan konsleting listrik yang terjadi di Rumah Gadang Azwir,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Irwan mengatakan, 11 bangunan menjadi terdampak kebakaran.

Untuk pemadaman, Damkar Kabupaten Solok mengerahkan empat armada dibantu oleh dua unit Damkar Kota Solok, satu Damkar Kota Padangpanjang dan satu Damkar Kabupaten Tanahdatar.

“Kami segera membagikan info 65 (kebakaran ke daerah tetangga),” ujarnya. (rdr-008)

Exit mobile version