Mengenal Sosok AKBP Apri Wibowo, Polisi Pertama yang Jabat Wakapolresta Bukittinggi

Sebelum ditunjuk menjadi Wakapolresta Bukittinggi, Ia diketahui telah dua kali mengemban amanah sebagai Kapolres, masing-masing di Polres Solok dan Padang Panjang.

AKBP Apri Wibowo. (Foto: Dok. Divisi Humas Polri)

AKBP Apri Wibowo. (Foto: Dok. Divisi Humas Polri)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kapolres Solok, AKBP Apri Wibowo ditunjuk Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Wakapolresta Bukittinggi setelah sempat lama kosong pasca kenaikan tipe dari D ke C.

Penunjukan Apri berdasarkan Surat Telegram (ST) Kapolri nomor 1396/VI/KEP./2023 tanggal 24 Juni 2023.

Posisi yang ia tinggal digantikan oleh rekannya di Korps Brimob Polri, AKBP Muari yang sebelumnya menjabat Danden A Sat Wanteror Pasgegana Korbrimob Polri.

Sebelum ditunjuk menjadi Wakapolresta Bukittinggi, Ia diketahui telah dua kali mengemban amanah sebagai Kapolres, masing-masing di Polres Solok dan Padang Panjang.

Apri diketahui lahir di Kabupaten Bandung pada 23 April 1979 silam. Ia menjalani pendidikan umum dari SD di Kabupaten Bandung, SMP di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau dan SMA di Kota Pekanbaru pada tahun 1998.

Setelah itu, Apri melanjutkan pengabdiannya dengan mendaftar sebagai Taruna Akpol dan lulus pada tahun 2022.

Apri diketahui lama berkutat di satuan kerja (Satker) Brimob, pasukan elit yang dimiliki Polri.

Saat ini, Ia ditunjuk oleh Kapolri untuk mengisi kursi Wakapolresta Bukittinggi untuk mendampingi sang Kapolresta, Kombes Yessi Kurniati.

Sebelum meninggalkan Polres Solok, ia sukses meraih penghargaan Kompolnas Award 2023 yang diserahkan Kapolri pada 21 Juni 2023 lalu di Jakarta.

“Kami meraih piagam penghargaan lima besar dalam Kompolnas Awards kategori Polres terbaik tipe B, ini yang pertama kalinya diterima Polres Solok,” katanya, Senin (26/6/2023) siang.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Penerangan Masyarakat (Penmas) Polres Solok, Aipda Hendi Yance menjelaskan, Kompolnas Award dilaksanakan setiap tahun.

“Tujuannya, untuk menilai seluruh Polda di Indonesia dalam mengukur kinerja, program unggulan yang digagas dan dilaksanakan oleh Polda termasuk juga bagaimana Polda dan jajaran memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Kompolnas Award 2023 diikuti oleh 11 Polda tipe A, 253 Polres tipe A dan 2.887 Polsek tipe A. Sementara untuk kategori Tipe B terdapat 22 Polda, 255 Polres dan 2.068 Polsek.

“Kami bersyukur dan tentu saja bangga, Polres Solok mampu menorehkan prestasi Nasional dengan menerima pengharagaan Kompolnas Award. Mudah-mudahan prestasi ini menjadi motivasi kami untuk berbuat lebih baik lagi,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version