Rumah Warga Limapuluh Kota Diterjang Longsor Akibat Gempa

Kejadian tersebut terjadi di Jorong Mudiak Liki, Nagari Kurai, Kecamatan Suliki.

SARILAMAK, RADARSUMBAR.COM – Satu rumah warga Kabupaten Limapuluh Kota rusak diterjang longsor pasca gempa dengan magnitudo 5,4 yang mengguncang kawasan Sumatera Barat (Sumbar) pada Sabtu (16/12/2023) siang.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota, Rahmadinol mengatakan, kejadian tersebut terjadi di Jorong Mudiak Liki, Nagari Kurai, Kecamatan Suliki.

“Iya, rumah tersebut dihantam longsor pasca getaran gempa,” kata Rahmadinol kepada _Radarsumbar.com_ via panggilan seluler.

Rahmadinol mengatakan, rumah yang terdampak itu dihuni oleh Indra Deswita (40).

“Namun, tidak ada korban jiwa,” katanya.

Saat ini, kata Rahmadinol, penghuni rumah telah pindah ke kediaman kerabat terdekatnya demi menghindari longsor susulan.

“Kami khawatir, akan terjadi gempa atau longsor susulan yang bisa saja berpotensi dan menimpa rumah warga tersebut,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Gempa dengan magnitudo 5,4 SR mengguncang perairan Sumatera Barat pada Sabtu (16/12/2023) sekitar pukul 13.45 WIB. Tidak ada laporan terkait potensi tsunami akibat lindu ini.

Informasi yang dihimpun Radarsumbar.com dari laman BMKG, lindu tersebut terjadi di lokasi 0.35 LS, 38.75 BT dengan kedalaman 19 Kilometer. Masyarakat yang ada di Kota Padang tidak begitu keras merasakan getaran tersebut.

Selain itu, BMKG melaporkan, gempa yang terjadi kali ini berjarak sekitar 130 Kilometer Barat Daya Pasaman Barat, 142 Kilometer Barat Daya Agam, 146 Kilometer tenggara Nias Selatan dan 218 Kilometer Barat Laut Padang.

BMKG pun memastikan tidak terjadi potensi tsunami akibat gempa ini. Juga tidak ada laporan terkait kerusakan bangunan atau kawasan yang terdampak oleh lindu ini. (rdr-008)

Exit mobile version