Pengusaha Otomotif Sumbar Rani Ismael Tutup Usia

Pengusaha otomotif Sumbar Rani Ismael tutup usia. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Tokoh Sumatera Barat Sutan Mohammad Rani Ismael meninggal dunia di RSUP M Djamil Padang, Jumat (29/3/2024) sekitar pukul 05.55 WIB. Pengusaha otomotif asal Pariaman ini menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 84 tahun. Kabar kepergian Rani Ismael disampaikan sang putra melalui grup WhatsApp.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, telah berpulang Bapak kami, orang tua kami St. H. M. Rani Ismael pagi ini di RS Djamil, mohon dimaafkan jika ada kesalahan almarhum,” tulis Zulheri Rani, salah seorang putra Rani Ismael di grup WhastApp, Jumat (29/3/2024) pagi.

Ucapan duka disampaikan sejumlah kerabat dan teman Rani Ismael, salah satunya dari Gubernur Sumbar Mahyeldi.

“Kita kehilangan tokoh panutan dalam sosial kemasyarakatan, juga tokoh dalam dunia bisnis otomotif di daerah ini. Ketokohan almarhum sulit tergantikan. Dari Tanah Suci kami mendoakan Pak Rani semoga Allah SWT menempatkan almarhum di sorga Nya, amin ya rabbal alamin,” kata Mahyeldi yang sedang berada di Tanah Suci.

Menurut Mahyeldi, Rani Isamel punya banyak kontribusi terhadap pembangunan Sumbar, khususnya di Kota Padang dan kampung halamannya Pariaman.

Sebagai tokoh masyarakat, Rani Ismael katanya banyak memberikan pandangan, pikiran dan nasehat kepada pemerintah, khususnya kepada Buya Mahyeldi ketika menjadi Wali Kota Padang maupun setelah menjadi Gubernur Sumbar.

Sutan Mohammad Rani Ismael lahir di Pariaman 20 April 1940. Dikenal sebagai pengusaha otomotif dengan merek Mitsubishi dibawah perusahaan PT Sutan Kasim dan PT Suka Fajar.

Ia memiliki seorang isteri bernama Syamsidar dan 9 anak yaitu Rinaldi Rani, Reni Rani, Agusta Rani, Firman Rani, Martharina Rani, Riswaldi Rani, Fitrinovia Ranti Rani, Zulheri Rani dan Adhe Risfanovisa Rani. (rdr)

Exit mobile version