TRC Satpol PP Padang Dikukuhkan, Siap Wujudkan Kota yang Bebas Maksiat

Pj Wako Padang mengukuhkan TRC Satlinmas Satpol PP Padang. (Foto: Dok. Diskominfo Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Satpol PP Kota Padang menggelar Apel Gabungan Siaga Bencana yang dipimpin langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar di Mako Satpol PP Padang, Senin (5/8/2024).

Dalam apel gabungan ini juga dilaksanakan Launching Forum Masyarakat Peduli Penyakit Menular Seksual Kecamatan Padang Barat, perjanjian kerjasama antara Satpol PP Kota Padang dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Sumatera Barat (Sumbar), dan pengukuhan Tim Reaksi Cepat (TRC) Satlinmas Satpol PP Kota Padang.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota menyampaikan apresiasi atas berbagai inovasi yang dilakukan jajaran Satpol PP Kota Padang, seperti Forum Masyarakat Peduli Penyakit Menular.

“Keberadaan forum ini sangat penting dalam upaya pengendalian terhadap penyakit menular seksual di tengah masyarakat. Setelah ini diharapkan setiap kecamatan dapat membentuk forum yang sama,” ujar Pj Wali Kota dalam apel gabungan yang diikuti personel Satpol PP, BPBD, Dinas Damkar dan Dishub Kota Padang itu.

“Yang tak kalah penting juga pembentukan TRC Satlinmas Satpol PP Kota Padang. Kota Padang merupakan kota yang rawan bencana, untuk itu diharapkan personel TRC Satlinmas Satpol PP senantiasa bergerak cepat memberikan pelayanan, perlindungan dan penanganan kebencanaan kepada masyarakat,” tambah Andree Algamar.

Selanjutnya Pj Wako juga mengapresiasi perjanjian kerjasama antara Satpol PP Kota Padang dengan PKBI Daerah Sumbar. PKBI pun siap menjadi mitra dalam melakukan sosialisasi, edukasi dan pemeriksaan kesehatan masyarakat di Kota Padang.

Kepala Satpol PP Kota Padang Chandra Eka Putra mengatakan, pihaknya berkomitmen penuh menjaga Kota Padang dari penyakit menular seksual yang salah satu penyebabnya disebabkan praktek prostitusi secara online.

“Prostitusi sangat membahayakan karena berdampak terhadap meluasnya penyakit menular seksual di tengah masyarakat. Maka dari itu, kita perlu membentuk Forum Masyarakat Peduli Penyakit Menular Seksual yang diawali di Kecamatan Padang Barat ini. Pengurus dan anggotanya dari berbagai elemen masyarakat,” katanya.

Chandra menyebutkan, Forum Masyarakat Peduli Penyakit Menular Seksual memiliki ruang lingkup tugas melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang penyakit menular seksual. Mereka juga akan melakukan pengawasan terhadap pelaku dan perilaku pelaku prostitusi bersama pihak terkait lainnya, hingga memfasilitasi penyediaan layanan pemeriksaan IMS, HIV dan AIDS. (rdr)

Exit mobile version