Akhir Kisah Duet Hendri Septa-Ekos Albar Pimpin Padang, Dilepas ASN hingga Serahkan Kunci Rumah Dinas

Keduanya mengakhiri masa jabatan sebagai Wali Kota-Wakil Wali Kota Padang per 13 Mei 2024.

Pasangan Hendri Septa-Ekos Albar resmi mengakhiri kepemimpinannya di Kota Padang untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Keduanya sudah tidak lagi menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang per Senin (13/5/2024) pagi. (Foto: Dok. Prokopim)

Pasangan Hendri Septa-Ekos Albar resmi mengakhiri kepemimpinannya di Kota Padang untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Keduanya sudah tidak lagi menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang per Senin (13/5/2024) pagi. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pasangan Hendri Septa dan Ekos Albar telah mengakhiri masa jabatannya sebagai kepala daerah di Kota Padang pada Senin (13/5/2024). Mereka pun dilepas oleh sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tersebut.

Sebelum berpamitan, keduanya menyambangi Koperasi Pegawai Negeri (KPN) untuk menerima Pin Emas KPN Kota Padang, yang dipasangkan oleh Inspektur Kota Padang, Arfian. Pin penghargaan ini diberikan kepada Hendri Septa dan Ekos Albar karena telah melaksanakan tugas sebagai pembina KPN Kota Padang.

Usai singgah di KPN, keduanya berkeliling komplek Balai Kota menyambangi ruangan Asisten, hingga Sekda. Tidak lupa, mereka berpamitan kepada ASN yang berkantor jauh dari jangkauan Balaikota Padang melalui zoom meeting di PCC.

Keduanya lalu mampir ke ruang kerja masing-masing untuk terakhir kalinya dan berpamitan dengan ajudan dan kelompok sespri. Hendri Septa dan Ekos Albar, kemudian melaksanakan prosesi mencium Pataka Kota Padang di lobi Balai Kota.

Keduanya secara bergantian mencium bendera pataka Pemko Padang disaksikan oleh semua pejabat utama Pemko Padang, serta Ketua TP-PKK Kota Padang Genny Hendri Septa, dan Ketua DWP Kota Padang, Putri Sari Ivanny.

Usai prosesi itu, keduanya menghampiri ratusan ASN dan pegawai Pemko Padang, hingga siswa SD dan SMP yang turut mengantar pelepasan tugas pimpinan Kota Padang ini.

Dalam sambutannya, Hendri Septa menyampaikan terima kasih kepada jajaran pegawai Pemko Padang. Sebab telah membantunya melaksanakan dan menuntaskan semua progul hingga di penghujung jabatannya.

“Padang dari waktu ke waktu telah menunjukkan perubahan. Semua permasalahan kita selesaikan bersama. Terima kasih seluruh jajaran yang telah membersamai program kita dalam waktu tiga tahun ini. Kami telah mewujudkan Padang sebagai kota yang madani dan primadona di Sumbar. Hari ini kami mengakhiri jabatan dengan penuh suka cita.

Senada dengan itu, Ekos Albar menyampaikan prestasi yang diraih Kota Padang di berbagai bidang tidak terlepas dari kerjasama seluruh pihak.

“Saya berterima kasih, pengalaman selama satu tahun ini saya bisa mengabdi di lingkaran orang hebat. Banyak ilmu yang bisa kami dapat dari Bapak Wali Kota dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Padang. Berakhirnya masa jabatan ini, bukan berarti pengabdian dan silaturrahmi kita berhenti. Semoga ini semua menjadi kenangan yang indah untuk kita semua, dan semoga silaturrahmi kita terjaga hingga akhir masa,” katanya.

Pada hari yang sama, pasangan kepala daerah sisa masa jabatan 2019-2024 juga menyerahkan rumah dinas dan semua aset yang diterima selama memimpin Kota Padang kepada Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

Hendri Septa bersama sang istri, Genny Putrinda menyerahkan kunci rumah dinas kepada Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Padang, Harry Krisna Mulia yang disaksikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Raju Minropa Chaniago.

Prosesi penyerahan itu dilangsungkan di rumah dinas Wali Kota Padang, Jalan Ahmad Yani nomor 11, Kecamatan Padang Barat. Sementara itu, Ekos Albar juga menyerahkan kunci rumah dinas di Jalan Ahmad Yani nomor 51.

Hendri Septa resmi menjabat Wali Kota Padang sejak tanggal 7 April 2021 untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Ia yang sebelumnya Wakil Wali Kota (Wawako) Padang mengantikan Mahyeldi yang terpilih menjadi Gubernur Sumbar.

Sementara, Ekos Albar baru menjabat Wawako Padang terhitung 9 Mei 2023. Ia menjabat posisi Wakil Wali Kota Padang setelah hampir dua tahun mengalami kekosongan.

Untuk mengisi kekosongan pimpinan di Kota Padang, Gubernur Sumbar, Mahyeldi menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Andree Harmadi Algamar sebagai Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Padang, hingga ditetapkannya Penjabat (Pj) Wali Kota Padang yang ditunjuk Menteri Dalam Negeri dilantik.

Surat Penunjukan Plh tersebut diserahkan Gubernur Mahyeldi kepada Sekda Andree Algamar di Istana Gubernur, Senin (13/5/2024) pagi. (rdr)

Exit mobile version