Dirut Perumda PSM Nyatakan Mundur, Ini Alasannya

PSM bukan lagi menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang merugi dan disubsidi besar.

Direktur Utama Perumda PSM, Rico Rahmadian Albert. (Foto: Dok. Pribadi)

Direktur Utama Perumda PSM, Rico Rahmadian Albert. (Foto: Dok. Pribadi)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Eks Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Padang Sejahtera Mandiri (PSM), Rico Rahmadian Albert resmi menyatakan mundur dari jabatan yang ia emban.

Kepada sejumlah awak media, Rico mengaku keinginan mundur tersebut telah diancang-ancang dua bulan sebelumnya.

“Keinginan untuk mundur ini sebenarnya sudah lama,” katanya saat ditemui di kawasan Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (12/12/2023) siang.

Rico mengatakan, surat pengunduran diri sudah dibuat pada tanggal 7 Desember 2023 dan diserahkan satu hari setelahnya.

“Intinya saya ingin istirahat dahulu untuk saat ini, di saat posisi saya di puncak (Dirut Perumda PSM), saya fikir ini saatnya untuk mundur,” katanya.

Namun, Rico mengeklaim dirinya mundur tanpa adanya tekanan atau desakan dari pihak manapun atau siapapun.

“Hubungan saya dengan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, Wali Kota Padang selaku Kuasa Pemegang Modal (KPM) juga sangat baik, tidak ada permasalahan secara pribadi dan pekerjaan,” katanya.

Meskipun mundur, ia memastikan kondisi keuangan di Perumda PSM sudah sehat. PSM, katanya, bukan lagi menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang merugi dan disubsidi besar.

“Alhamdulillah saat ini, keuntungan atau laba dari Perumda PSM saat ini Rp220.923.162 juta per Oktober 2023,” katanya.

Khusus untuk Trans Padang, katanya, juga terjadi peningkatan penumpang hingga 3,6 juta hingga Desember 2023.

Jumlah tersebut meningkat dibanding dua tahun sebelumnya di mana tahun 2021 berjumlah 1,3 juta dan 2022 sebanyak 2,2 juta penumpang.

Pada tahun 2021, pendapatan Perumda PSM berjumlah Rp4.204.447.000. Tahun 2022 sebesar Rp5.791.487.802 dan tahun 2023 per tanggal 7 Desember 2023 sebesar Rp9,8 miliar dari target Rp10.226.202.600.

“Artinya, saya meninggalkan Perumda PSM dalam kondisi keuangan sudah stabil dan penerus saya melanjutkan apa yang sudah dibenahi dan ditata dari awal, melanjutkan yang sudah ada dan memperbaiki beberapa hal yang masih kurang,” katanya.

Usai tak lagi menjabat sebagai Dirut Perumda PSM, Rico mengaku ingin beristirahat sejenak sembari berkumpul lagi dengan keluarga.

“Saya ingin kembali fokus kepada bisnis dan usaha pribadi yang saya geluti di bidang otomotif dan properti,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version