Sangat Kental dengan Keislaman, Gubernur Sumbar: Generasi Muda Pariaman Harus Tautkan Hati ke Masjid

Masjid tidak hanya tempat untuk beribadah, tetapi harus menjadi wadah untuk beraktivitas bagi generasi muda kita.

Gubernur Sumbar meminta generasi muda di Pariaman harus selalu menautkan hatinya di Masjid. (Foto: Dok. Adpim)

Gubernur Sumbar meminta generasi muda di Pariaman harus selalu menautkan hatinya di Masjid. (Foto: Dok. Adpim)

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi mengingatkan pentingnya menautkan hati generasi muda terhadap masjid. Sebagaimana ia sampaikan saat agenda Safari Ramadan 1445 Hijriah di Masjid Raya Marunggi, Desa Marunggi, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Kamis (21/3/2024) malam.

“Pariaman adalah daerah yang sangat lekat dengan keislaman. Oleh karena itu, generasi mudanya harus senantiasa dekat dengan masjid. Masjid tidak hanya tempat untuk beribadah, tetapi harus menjadi wadah untuk beraktivitas bagi generasi muda kita,” katanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, kata Gubernur, bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota memindahkan aktivitas pendidikan dari sekolah ke masjid selama Ramadan 1445 Hijriah.

Sementara itu di luar Ramadan, sebanyak dua kali dalam sebulan para pelajar juga mengikuti wirid remaja di masjid. Hal ini sebagai wujud usaha mendekatkan generasi muda dengan masjid.

“Selain itu, memakmurkan masjid juga bagian dari pengimplementasian Undang-undang (UU) nomor 17 tahun 2022 tentang Sumbar. Di mana, ada pasal yang menerangkan bahwa salah satu karakter orang Sumatera Barat adalah menganut falsafah Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Ini membuktikan, bahwa kehidupan masyarakat di Sumbar telah senyawa dengan masjid,” katanya.

Gubernur Sumbar sangat mengapresiasi upaya Pengurus Masjid Raya Marunggi, yang tengah membangun masjid baru yang lebih besar dan lebih representatif untuk menampung lebih banyak jemaah.

“Dalam kesempatan ini, kami bersama rombongan juga menyalurkan bantuan dari Pemprov dan dari banyak lembaga lain. Semoga turut membantu percepatan pembangunan masjid baru ini,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version