5.345 KPM di Pariaman Terima Bantuan Pangan

Wako Pariaman, Sumbar Genius Umar (kanan) menyerahkan bantuan beras. ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, Sumatera Barat menyalurkan bantuan pangan tahap 2 kepada 5.345 keluarga penerima manfaat (KPM) di daerah itu yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Bantuan ini merupakan program penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan Tahun 2023 ,” kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat menyalurkan bantuan di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan penyerahan bantuan berupa beras 10 kilogram tersebut merupakan lanjutan dari tahap pertama yang telah disalurkan beberapa bulan lalu. Rencananya penyalurannya dilaksanakan dalam enam hari kedepan.

Pariaman mendapatkan bantuan pangan dari pemerintah pusat melalui program dari Badan Pangan Nasional Republik Indonesia bekerjasama dengan Perum Bulog Tahun 2023 dan disalurkan oleh PT POS Indonesia.

“Bantuan ini akan kita berikan sampai tahap ketiga, namun untuk tahap ketiga sedang kita lakukan negosiasi karena apabila ketersediaan beras masih ada di gudang Bulog, kita minta untuk disalurkan langsung sampai tahap ketiga. Tapi apabila stok tidak mencukupi, seperti biasa akan ada jeda beberapa bulan untuk lanjut ke tahap ketiga,” katanya.

Pihaknya mengatakan negosiasi tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkot Pariaman kepada warganya khususnya yang masuk DTKS. Pemko Pariaman akan selalu mengupayakan agar warga di daerah itu terbantu khususnya dalam kesediaan pangan.

“Semoga saja dengan adanya bantuan pangan berupa penyaluran cadangan beras pemerintah tersebut akan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Selain itu, bantuan pangan ini juga diharapkan dapat membantu mengendalikan harga beras di pasaran,” ujarnya. (rdr/ant)

Exit mobile version