Mahyeldi Pertanyakan Aturan Gubernur Minta Izin ke Bupati

Mahyeldi mengatakan, semua orang bisa berkomentar apapun terkait aktivitas yang ia lakukan.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (Foto: Dok. Adpim)

Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (Foto: Dok. Adpim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi menanggapi dengan santai dan elegan terkait ucapan dari Bupati Solok, Epyardi Asda yang mendiskreditkan hingga menyerang personal dari dirinya.
Kepada awak media, Mahyeldi mengatakan, semua orang bisa berkomentar apapun terkait aktivitas yang ia lakukan.
“Namun, aturan dari mana yang mengatakan bahwa seorang Gubernur harus meminta izin kepada Bupati-Wali Kota jika datang ke daerah mereka?,” katanya beberapa waktu lalu kepada awak media.

Mahyeldi mengaku tidak mengambil pusing ucapan demi ucapan dan tudingan mendiskreditkan yang dilontarkan oleh Epyardi Asda kepada dirinya.
“Tidak apa-apa, itu biasa, dan sudah dijawab oleh Biro Pemerintahan (Pemprov Sumbar) dan Biro Administrasi Pimpinan (Adpim). Kalau soal (tudingan Epyardi Asda tentang PKS), tergantung pembicaraan di internal kami,” katanya.

Mahyeldi mengatakan, ketika berkunjung ke suatu daerah, dirinya bukan hanya sebagai Gubernur. “Saya itu juga dai, ketua organisasi, banyak yang mempersepsikan macam-macam ketika saya diundang. Itu soal pemahaman saja,” katanya.

“Yang kami utamakan, kepentingan rakyat, kami layani rakyat dengan baik pemerintah ini ada untuk rakyat, oleh sebab itu, rakyat adalah prioritas kami, kalau ada komentar seperti itu, tergantung bagaimana menilai sesuatu,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui, ‘perseteruan’ Bupati Solok, Epyardi Asda dengan Gubernur Sumbar, Mahyeldi terus berlanjut. Usai viral marah-marah karena Gubernur dianggap tak meminta izin saat melaksanakan program Singgah Sahur, kali ini Epyardi Asda kembali terekam meluapkan kekecewaannya kepada Gubernur Sumbar.

Melalui video yang diunggah akun @jon_cupak di platform TikTok, Epyardi kali ini malah mempertanyakan kapasitas Mahyeldi sebagai Gubernur Sumbar. Dia menilai provinsi Sumatera Barat tidak berkembang selama dipimpin Mahyeldi sebagai Gubernur.

“Selama ini kita Sumatera Barat belum bisa dibanggakan, dengan kapasitas beliau (Mahyeldi). Coba lihat background-nya Pak Gubernur kita ini, apa background, kapasitasnya,” tanya Epyardi yang terlihat mengenakan baju koko dan peci hitam.

Politisi PAN ini juga mempertanyakan latar belakang pendidikan sang Gubernur yang dianggapnya sangat mempengaruhi gaya kepempimpinan seseorang.

“Pendidikan seseorang itu menentukan. Pergaulan dia menentukan. Pengalaman hidupnya itu menentukan, bagaimana gaya dia memimpin. Coba pelajari, Pak Mahyeldi ini tamatan apa, berapa lama dia kuliah, kuliahnya dimana,” tutur mantan anggota DPR RI ini.

Tak sampai di situ, Epyardi Asda juga mengkritisi kapasitas Mahyeldi yang selama ini dianggap belum mampu memimpin Sumbar. Menurutnya, seorang pemimpin harus punya kemampuan luas di berbagai bidang, termasuk punya pengalaman menjadi aktivis.

“Mana aktivis yang dilakukan oleh dia, selain dia banyak ngaji-ngaji dan dia jadi garin di musala. Apakah cocok imam masjid, garin masjid untuk memimpin seluas 19 kabupaten-kota ini dengan kapasitas seperti itu,” tandas Epyardi.

Sebelumnya, Bupati Solok marah-marah di hadapan warga dan awak wartawan karena tidak terima tidak diberitahu oleh Gubernur saat singgah sahur di salah satu rumah warga di daerah Jawi-jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Senin (18/3/2024).

Epyardi menilai Gubernur selama ini kurang koordinasi jika ada kegiatan yang dilaksanakan di kabupaten dan kota.

“Dia datang ke semua daerah Sumatera Barat ini, nggak pernah ngasih tahu sama bupati, wali kota. Ujung-ujungnya datang ke tempat orang seperti malam ini. Mau datang ke Cupak, mau datang ke sini, dibawanya kadernya. Emangnya Solok ni negara PKS apa? Ini negara ini ada aturannya. Bahasa Minang itu ada pepatah ciek rumah gadang ciek lasuang dan ciek tungganai. Ciek lasuang ciek ayam gadang, ciek rumah gadang ciek tungganai,” timpal politisi PAN ini. (rdr)

Exit mobile version