Maksimalkan Peran Bhabinkamtibmas, Polres Payakumbuh Ingatkan Warga Waspada Kebakaran

Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari. Antara/HO-Polres Payakumbuh

PAYAKUMBUH, RADARSUMBAR.COM – Kepolisian Resor (Polres) Payakumbuh, Sumatera Barat memaksimalkan peran dari Bhabinkamtibmas dalam memberikan imbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran.

Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari di Payakumbuh, Selasa, mengatakan imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan tersebut berdasarkan kepada perkiraan dari BMKG terkait cuaca panas yang akan terjadi di Payakumbuh.

“Musim kemarau atau cuaca panas itu sangat rawan menimbulkan peristiwa kebakaran, banyak faktor yang akan menjadi pemicunya,” ujarnya didampingi Wakapolres Kompol Russirwan.

Ia mengatakan bahwa Polres Payakumbuh juga telah mengarahkan jajarannya terutama kepada personel Bhabinkamtibmas untuk berikan imbauan dan menempelkan selebaran di daerah binaan.

“Kita telah beri arahan kepada jajaran terutama personel Bhabinkamtibmas agar selalu membaur bersama warga dan rajin turun ke wilayah binaan guna menyampaikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat, terutama antisipasi terjadinya kebakaran saat musim pancaroba saat ini,” katanya.

Menurutnya beberapa hal yang menjadi upaya pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat adalah tidak melakukan pembakaran sembarangan dan meninggalkan lokasi pembakaran dengan kondisi api yang masih menyala.

“Jika ingin membakar sesuatu di lahan kosong atau membakar sampah di lingkungan masing-masing, masyarakat hendaknya melokalisasi secara aman agar tidak menimbulkan kebakaran akibat rambatan api dari pembakaran yang dilakukan tersebut,” kata dia.

Selanjutnya masyarakat jangan sembarangan saat membuang puntung rokok, sebab dalam cuaca panas seperti sekarang, api dari puntung rokok juga sangat mudah memicu terjadinya kebakaran besar.

“Hindari juga pembakaran saat membuka ladang atau kebun dalam kondisi terik seperti saat ini karena tindakan itu juga tak jarang menyebabkan terjadinya kebakaran,” ujarnya.

Ditambahkannya, beberapa hal lainnya yang berpotensi menyebabkan kebakaran diantaranya yaitu konsleting listrik, lupa mematikan kompor serta alat elektronik lainnya juga beberapa hal yang menjadi sumber api lainnya.

Oleh sebab itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar selalu hati hati dan waspada, khususnya terhadap bahaya kebakaran baik pada pemukiman warga maupun kebakaran lahan.

“Kita menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mewaspadai hal tersebut serta menghindari hal-hal yang akan menjadi pemicu terjadinya kebakaran,” kata dia. (rdr/ant)

Exit mobile version